Bagaimana Membuat Business Profile yang Menarik?

Sebuah usaha yang baik terlihat dari business profile nya yang menarik. Tidak sulit untuk membuat business profile yang dapat membuat customer percaya dan yakin dengan kualitas penyedia jasa tersebut. Namun memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Nama Usaha yang Profesional

Sebelum menulis business profile usaha, Anda terlebih dahulu harus memastikan nama usaha Anda dengan matang. Perlu kami ingatkan lagi, ada baiknya Anda tidak menamakan usaha Anda dengan jenis kategori jasa yang ada di Sejasa.com. Sebagai contoh: Anda seorang penyedia jasa renovasi rumah yang akhirnya memakai nama ‘Renovasi Rumah Jakarta’ sebagai nama usaha Anda. Kami dapat pastikan bahwa nama usaha tersebut tidak tepat digunakan. Selain karena terlalu umum, nama usaha tersebut juga tidak unik. Menggunakan kategori jasa sebagai nama usaha Anda tidak akan membuat business profile Anda berada di urutan teratas.

 

Bukan kah sebuah nama usaha harus dibuat dengan unik serta menggambarkan ciri khas usaha Anda agar nama usaha Anda mudah diingat oleh customer? Oleh karena itu, buatlah nama usaha Anda semenarik mungkin. Jika Anda memiliki waktu lebih, lakukanlah riset, agar nama usaha Anda tidak sama dengan nama usaha jasa yang lain.

2. Deskripsi Usaha yang Menarik

Memasuki penulisan business profile, kalimat pertama yang harus Anda tulis adalah deskripsi umum tentang jasa Anda. Sebaiknya deskripsi yang ditulis berupa paragraf dan bukan berupa poin-poin.

Sebagai contoh: Fajar Home Design yang berdiri sejak tahun 1989 merupakan perusahaan yang bergerak di bidang renovasi dan interior design. Kami berlokasi di Jakarta, namun jangkauan layanan kami juga mencakup wilayah Jabodetabek. Keahlian kami meliputi perencanaan ruang, penataan rumah, renovasi rumah dan pembangunan rumah baru.

Tulis deskripsi sesuai dengan jangkauan usaha Anda. Lebih menarik jika Anda menambahkan penjelasan mengenai keunikan dan filosofi usaha Anda. Tulis juga mengenai pencapaian apa saja yang sudah Anda buat. Buatlah business profile yang “bercerita”, agar customer lebih percaya dengan jasa Anda. Ingat, komunikasi yang baik juga bisa diciptakan dengan komunikasi melalui tulisan. Dalam hal ini, business profile adalah salah satu cara Anda untuk “berkomunikasi” dengan calon customer Anda.

3. Portfolio dan Services yang Lengkap dan Profesional

Selain tulisan di business profile, apa yang akan dilihat customer selanjutnya?Tentunya portfolio berupa foto-foto hasil karya Anda yang menarik. Harus Anda perhatikan, foto yang diunggah harus memiliki resolusi lebih dari 100 kb. Selain itu, foto tersebut harus menggambarkan karya Anda dengan jelas, tidak blur dan tidak terpotong. Hal ini akan memudahkan customer melihat dengan jelas hasil karya Anda. Klasifikasi portfolio juga penting untuk dilakukan. Jangan mencampur semua portfolio Anda, melainkan pisah portfolio Anda menjadi beberapa bagian sesuai dengan jenis layanan yang Anda kerjakan. Foto interior design pisahkan dengan pembangunan rumah baru. Jika Anda mengerjakan renovasi rumah di lokasi yang berbeda-beda, maka Anda juga dapat memisahkan portfolio nya sesuai dengan lokasi pengerjaan. Jangan lupa untuk selalu menuliskan caption di setiap foto yang Anda unggah.

Layanan utama (main services) atau jasa apa saja yang bisa Anda kerjakan?Jelaskan satu per satu jangkauan atau cakupan jasa Anda. Sebagai contoh:

  • Desain dan Bangun

Penjelasan

  • Arsitektur Interior

Penjelasan

  • Dapur dan Lemari

Penjelasan

Note:

  • Tidak boleh mencantumkan nomor telepon/handphone pribadi/pin bb/nomor WhatsApp/ID LINE di business profile Sejasa.com.
  • Logo Usaha di Sejasa.com sebaiknya adalah logo, bukan foto diri sendiri/ selfie.
  • Links menuju social media penyedia jasa seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Website sebenarnya sangat penting juga. Usahakan untuk setidaknya mencantumkan 1 dari 4 link social media penyedia jasa.
Have more questions? Submit a request

1 Comments

Please sign in to leave a comment.
Powered by Zendesk